Nama – Asal Instansi

Eva Yusnita – SMAN 2 Pamekasan

PEMBELAJARAN PBL DALAM MENGAKTUALKAN KOMIK SPLTV
Pada masa pandemi covid sekarang ini penggunaan android sangat dekat dengan siswa, apalagi setiap pembelajaran secara daring menggunakan android. Dengan pembelajaran daring siswa memperoleh tugas yang banyak yang harus dikumpulkan sehingga membosankan dan menjenuhkan mereka. Untuk mengatasinya maka para siswa membaca komik baik menggunakan buku maupun menggunakan Android mereka. Pada pertemuan tatap muka terbatas ini, agar siswa belajar di dalam kelas tidak membosankan dan tidak menjenuhkan sehingga daya pikirnya itu berkurang maka guru di dalam kelas memberikan pembelajaran dengan model problem Based Learning. Problem based learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaranYang dapat membantu peserta didik untuk aktif dan kreatif serta bisa mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah melalui pencarian data sehingga diperoleh solusi dengan rasional dan autentik. langkah-langkah dalam pembelajaran PBL adalah sebagai berikut yang (1) mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, (2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, (3) Memimpin penyelidikan baik individu maupun berkelompok, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah.
Jadi siswa diberikan permasalahan yang diselesaikan secara berkelompok, mereka menyelesaikan masalah tersebut lalu dituangkan pada komik yang mereka peroleh dari aplikasi pada androidnya. Mereka menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru secara berkelompok, dan dan setelah ditemukan penyelesaiannya maka siswa tersebut membuat komik dengan dialog yang diletakkan pada komik tersebut sehingga tidak membosankan bagi yang membaca karena pada komik, terdapat gambar dan ada komunikasi pada gambar tersebut. Hal itu pun tidak terlepas dari bimbingan dan arahan guru sehingga mereka dengan kompak bisa menyajikan komik yang dibuat untuk dipresentasikan di depan kelas. Dari antusias siswa membuat komik tersebut maka bisa di ambil kesimpulan bahwa dalam tatap muka terbatas bisa mengatasi loss learning pasca pandemi covid 19 karena mereka dengan kerjasama antar kelompok bisa berkreasi dan berinovasi dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada sistem persamaan linear tiga variabel.

Yuk berkomentar di padlet berikut.

Made with Padlet

Jika Anda mengalami kendala dalam scrolling, scroll di luar dari area Live Chat yang berwarna hitam.